Kamis, 01 Oktober 2015

Mengenal lebih tentang "Benchmarking"

Assalamu'alaikum warrahmatullah wb.

Hi ! kembali lagi di Infformmore , informasi seputar dunia IT . Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Benchmarking , mungkin kita sudah tidak asing mendengar kata tersebut tetapi belum tau apa saja hal-hal dari benchmarking itu.


Pengertian

Benchmark adalah teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar. Suatu program atau pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kerja dari beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang baru. (Wikipedia)


Kegiatan benchmarking tidaklah harus peristiwa yang dilakukan satu kali waktu, namun bisa juga merupakan kegiatan berkesinambungan sehingga organisasi dapat memperoleh manfaat dalam meraih praktek aktifitas organisasi yang terbaik untuk mereka. 


Definisi Benchmarking dalam komputer


Benchmark komputer adalah suatu metode untuk mengevaluasi kinerja sistem(komputer) kita, dan menggunakan hasil evaluasi tadi untuk dibandingkan dengan sistem (komputer) lainnya.


Manfaat Benchmarking dalam komputer

(1)memperbaiki masalah yang ada seperti kerusakan pada setiap hadware, 

(2)memantapkan tujuan yang berorientasi pada sector sector tertentu, 
(3)meningkatkan keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik,
(4)mengidentifikasi peluang-peluang baru yang terkadang muncul setelah                                      membandingkan, 
(5)menjadi lebih berdaya saing,
(6)memperpendek siklus perbaikan hadware.

(Sumber)



Proses Benchmarking

Saya akan melakukan proses benchmarking untuk mengukur kemampuan laptop saya sendiri , dengan menggunakan software "NovaBench", software ini free dan dapat di Download.




pada gambar di samping terdapat tampilan awal dari Novabench , di situ kita dapat melihat apa saja hardware yang ada di laptop saya. Laptop saya memiliki spesifikasi :

Processor : Intel Core i33217U                                     1.80GHz @ 1.8 Ghz

Memory   : 4GB System RAM

Graphics  : NVIDIA GeForce GT 635M









Kemudian saya memulai test nya dengan cara menekan tombol start dan hasil nya keluar seperti gambar berikut :




Pada Gambar di atas Novabench sedang menguji Floating Point Operations (FLOPS) dari CPU, hal ini dilakukan untuk mengukur berapa kecepatan komputasi dalam mengukur perhitungan tiap satuan waktu.



Selanjutnya Novabench mulai mengukur berapa kecepatan transfer dari RAM


Lalu Novabench mulai mengukur berapa kecepatan write dari harddisk laptop saya



dan kemudian Novabench mulai mengukur kemampuan kartu grafis saya dalam mengolah grafis


Setelah melalui banyak proses pengujian mulai dari CPU, RAM, HDD, dan VGA. Nova bench menunjukkan data hasil dari semua pengukuran

Laptop saya mendapatkan skor akhir dengan jumlah 472 , 127 di hasilkan dari RAM , 287 di hasilkan dari CPU, 44 di hasilkan dari Graphic, dan 14 dari Hardware.


Mungkin cukup itu saja penjelasan dari saya, jika terdapat kekurangan mohon di maafkan. Jika ada kritik dan saran langsung saja melalui kolom Comment.

wassalamu'alaikum warrahmatullah wb.




0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com